Rabu, 28 Agustus 2013

MIMPI

Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Sekarang gua mau bahas tentang mimpi nih. Pasti udah pada sering mimpi kan? Nah gua mau bahas tentang macem-macem mimpi dan apa yg harus dilakukan setelah dapet mimpi itu. Yaudah ga pake babibu lagi, langsung aja deh ya.



Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yg melibatkan pendengaran, pengelihatan, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, kata wikipedia sih gitu. Kalo menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mimpi itu sesuatu yg terlihat atau dialami dalam tidur. Di dalem mimpi biasanya sih kita ga bisa ngendaliin keadaan dalem mimpi itu, tapi ada yg namanya Lucid Dream, alias mimpi sadar. Bingung ya, mimpi kok tapi sadar? Maksudnya mimpi sadar tuh kita mimpi, tapi kita sadar kalo kita lagi mimpi, biasanya kan kita ga sadar kalo lagi ngimpi. Jadi di lucid dream kita bisa ngendaliin mimpi kita, maksudnya ngenaliin diri kita gitu. Wah pasti enak ya kalo bisa, coba lo bayangin kalo lo lagi mimpi basah, terus lo bisa ngendaliin diri lo... Hahaha udah ah jangan ngeres lo pada. Mimpi bisa jadi merupakan sebuah isyarat dari Allah ta'ala buat hambanya tentang berita baik. Langsung aja nih pembagian jenis mimpi:

1. Mimpi yg baik, datengnya dari Allah sebagai berita gembira. Jadi kalo lo mimpi yg bagus berarti itu mimpi dari Allah. Kita disunnahkan untung mengucapkan tahmid (Alhamdulillah) dan menceritakan mimpi itu kepada orang yg kita kasihi.
2. Mimpi buruk, datengnya dari syaitan yg ingin membuat kita sedih dan mengganggu kita dengan perasaan takut serta was-was. Kita disunnahkan untuk beristi'adzah untuk memohon perlindungan kepada Allah dari mimpi itu dan dari syaitan. Kita juga dilarang untuk menceritakan mimpi itu kepada orang lain seperti dalam hadits:
"Mimpi baik berasal dari Allah. Jika salah seorang dari kalian melihat apa yang ia suka maka janganlah ia ceritakan mimpi tersebut kecuali kepada orang yang mencintainya saja. Dan jika ia melihat mimpi yang tidak ia sukai, maka hendaklah ia meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatan mimpi tersebut dan dari kejahatan syaithan, kemudian meludah tiga kali, dan janganlah ia ceritakan kepada siapapun. Sebab mimpi itu tidak akan mendatangkan kemudlaratan” (HR. Bukhari nomor 7044 dan Muslim nomor 2261; ini adalah lafadh Bukhari).
3. Mimpi yg datengnya dari bisikan jiwa. Jadi mungkin sebelum lo tidur lo kepikiran akan sesuatu, terus kebawa deh sampe tidur. Kadang juga mimpi kita kosong dan ga bermakna. Kalo yg ini mah bebas mau diceritain kek, mau ga diceritain kek. Masalahnya, keseringan kita ga inget apa yg kita mimpiin.

Selain menjadi bunga tidur, definisi mimpi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah angan-angan. Setiap orang pasti punya cita-cita, atau seengganya punya tujuan untuk hidup.Yang jadi masalah adalah bagaimana kita memenuhi mimpi kita? Ada orang yg bilang, "jangan mimpi terlalu tinggi, nanti jatuhnya sakit", gua sih ga setuju. Menurut gua kita bebas nentuin seberapa tinggi mimpi kita. Yang perlu diperhatiin adalah saat kita "jatuh" dari ketinggian. Yang kita butuhin adalah mental dan doa. Anggep aja mental itu sebagai parasut, menahan moral kita supaya ga jatuh bebas. Terus kita bisa anggep doa sebagai trampolin, jadi saat kita jatuh kita bisa loncat lebih tinggi. Gaperlu takut buat menghadapi kesulitan, "Karena sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan". Itu yg tertulis dalem surat Al-Insyiroh ayat 5, jadi kalo kita menghadapi kesulitan, jangan langsung nyerah. Allah itu ga pernah ngasih cobaan jika hambanya ga sanggup.

Kayaknya gitu aja deh ya yg gua bahas. Mohon maap kalo ada kata-kata yg salah, karena yg nulis belum tentu lebih baik dari yg baca. Terima kasih sudah mau membaca omong kosong dari saya. Selalu ingat, "Mimpi hanya akan menjadi angan-angan kosong jika kita tidak bangun dan mewujudknannya".

Wassalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap gunakan kata-kata yg sopan dalam berkomentar