Kamis, 26 September 2013

Evolusi Komputer

Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh


Komputer berasal dari kata compute yg berarti menghitung. Pengertian dari komputer sendiri adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Walaupun saat ini identik dengan  mesin, namun pada awalnya istilah komputer digunakan pada orang yg melakukan perhitungan aritmetik. Fungsi komputer pada mulanya hanya untuk membantu dalam menghitung, seperti namanya. Akan tetapi komputer saat ini tidak hanya digunakan untuk melakukan tugas aritmetik saja, melainkan tugas-tugas yg tidak ada hubungannya dengan aritmetik seperti multimedia.

Ada yg menyebutkan bahwa komputer sudah ada sejak sebelum masehi dengan ditemukannya sempoa (abacus). Tidak jelas kapan ditemukannya sempoa karena banyak alat yg mirip dengan sempoa di berbagai belahan dunia, namun fungsinya sama, yaitu untuk menghitung. Dalam post ini saya tidak membahas komputer mekanik, jadi kita bisa lewati bagian sempoa dan langsung ke bagian komputer elektronik.


Generasi Pertama

Komputer generasi pertama memiliki karakteristik intsruksi operasi dibuat spesifik untuk tugas tertentu. Selain itu komputer generasi pertama menggunakan tube vakum, membuatnya memiliki ukuran yg sangat besar dan silinder magnetik untuk menyimpan data. Setiap komputer memiliki kode biner yg berbeda, bisa disebut bahasa mesin (machine language), hal ini membuat komputer sulit deprogram dan membatasi kecepatannya.

Pada tahun 1941, seorang insinyur asal jerman bernama Konrad Zuse, berhasil membangun komputer Z3 yg digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan rudal. Sementara pihak Inggris telah menyelesaikan komputer yg digunakan untuk memecahkan kode rahasia yg bernama Colossus pada tahun 1943. Akan tetapi Colossus tidak memberikan pengaruh yg besar terhadap perkembangan industri komputer. Hal ini disebabkan karena Colossus bukan komputer yg serba guna, karena hanya digunakan untuk memecahkan kode rahasia saja. Selain itu keberadaannya sangat dirahasiakan sampai satu dekade setelah perang usai. 

Disamping itu, pihak Amerika Serikat berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy berkat seorang insinyur Harvard, Howard H. Aiken (1900-1973) yg bekerja sama dengan IBM. The Harvad-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator atau Mark I, memiliki ukuran yg sangat besar, panjangnya setengah lapangan sepak bola dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. Selain itu, mesin tersebut beroprasi sangat lambat, sekitar 3-5 detik untuk setiap perhitungan. Pada masa itu juga telah berkembang Electronic Numerical Intergrator and Computer (ENIAC). Dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980) dan terlahir atas kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Komputer itu adalah mesin yg sangat besar, terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, 5 juta titik solder dan memakan daya sebesar 160 KW. Akan tetapi ENIAC bekerja 1000 kali lebih cepat dari Mark I. Pada tahun 1945, John von Neumann (1903-1957) mendesain Electronuc Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan sebuah memori untuk menampung data atau program. Pada tahun 1951 komputer buatan Remington Rand yg bernama Universal Automatic Computer I (UNIVAC I) menjadi komputer komersial pertama yg memanfaatkan arsitektur von Neumann.


Generasi Kedua

Penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer yg menggantikan tube vakum pada televise, radio, dan komputer. Transistor sendiri mulai digunakan dalam pada komputer pada tahun 1956. Pengembangan memori inti-magnetik merupakan penemuan lain yg membantu pengembangan komputer generasi kedua, membutnya menjadi lebih kecil, cepat dan dapat diandalkan serta lebih hemat energi. Mesin pertama yg menggunakan teknologi baru ini adalah supercomputerStretch, supercomputer besutan IBM dan Spedry-Rand dengan LARC. Di bawah ini adalah gambar dari Stretch.

Pada awal ‘60an, mulai muncul komputer generasi kedua yg sukses di bidang bisnis di universitas dan di pemerintahan dengan menggunakan transistor sepenuhnya. Salah satu contoh komputer generasi kedua adalah IBM 1404. Dimana pada tahun 1965 hampir seluruh bisnis besar menggunakan komputer generasi ini untuk memproses informasi keuangan. Di masa ini muncul beberapa bahasa pemrograman yg mulai umum digunakan antara lain Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Bahasa pemrograman itu lebih mudah dipahami manusia sehingga mempermudah seseorang untuk memprogram komputer.


Generasi Ketiga


Komputer generarasi ketiga memiliki kemajuan dengan penggunaan sistem operasi atau operating system yg memungkin mesin untuk menjalankan berbagai program yg berbeda secara serentak dengan program utama yg memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Pada masa ini, ukuran komputer menjadi semakin kecil karena para ilmuwan berhasil memasukan lebih banyak komponen dalam suatu chip tunggal yg disebut semikonduktor. Dalam generasi ini, telah dikembangkan sirkuit terintergrasi atau Intergrated Circuit oleh seorang insinyur di Texas Instrumen yg bernama Jack Kilby pada tahun 1958


Generasi Keempat


Tujuan pengembangan komputer menjadi lebih jelas setelah Intergrated Circuit (IC),yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Intergration pada tahun 1980an dapat membuat ratuosan komponen dalam sebuah chip. Sedangkan Very Large Scale Intergration dapat memuat ribuan komponen. Kemudian Ultra-Large Scale Intergration meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.

Chip Intel 4004 yg dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakan seluruh komponen komputer seperti central processing unit, memoridan kendali input/output ke dalam sebuah chip yg sangat kecil, dimana sebelumnya IC hanya dibuat untuk tugas spesifik.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.


Generasi Kelima

Komputer generasi kelima mungkin hanya ada di dalam film-film science-fiction saja. Akan tetapi beberapa fitur yg ada pada komputer canggih dalam film-film sci-fi itu sudah ada dalam dunia nyata, seperti melakukan operasi dengan perintah suara (voice command) serta komputer dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence) yg dapat belajar dari pengalamannya sendiri.

Mungkin hanya itu informasi yg dapat saya bagikan, maaf bila terdapat kesalahan dalam informasi yg saya berikan, karena yg menulis belum tentu lebih baik dari yg membaca. Terima kasih sudah membuang waktunya untuk membaca artikel ini.

Wassalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.






31 komentar:

  1. mantap gan Reza lanjutkan postingnya

    BalasHapus
  2. Oh jadi ini toh sejarah daripada perkembangan komputer. Saya sebagai orang awam hanya mengetahui komputer di zaman sekarang yang sudah serba canggih, tanpa mengetahui sejarah nya. Info yang sangat bermanfaat, thanks

    BalasHapus
  3. Good info jaa.
    Semoga digenerasi berikutnya komputer makin canggih tp dgn kualitas yg lbh baik.

    BalasHapus
  4. nice info, alhamdulillah tugas saya kebantu karena adanya artikel ini :)

    BalasHapus
  5. Mantap artikelnya (y) bantu banget buat nambah ilmu, keep posting :)

    BalasHapus
  6. Nice posting gan.. makasih buat infonya cukup membantu tugas kuliah saya :)

    BalasHapus
  7. widih keren artikelnya, kata-kata yang penting ditebelin :-d

    BalasHapus
  8. mantap bang nice artikel hehe...

    BalasHapus
  9. nice blog.. ditunggu postingan selanjutnya

    BalasHapus
  10. Singkat namun padat.. Dan kliatannya referensinya bagus tuh

    BalasHapus
  11. Sedap thanks nih buat bantu2 tugas hehe

    BalasHapus
  12. Lengkap nih gan artikelnya...sip banget dah

    BalasHapus
  13. sip banget nih infonya.. lanjut terus ngepostingnya gan :)

    BalasHapus
  14. wah lengkap nih artikelnya, ditunggu postingan selanjutnyaa ^^

    BalasHapus
  15. nice article , bermanfaat gan :D mash sering ngoding gan?

    BalasHapus
  16. siklus dosa abadi metamorfosa kata mati

    BalasHapus
  17. oh jadi ini ya sejarah komputer, akhirnya saya tahu :D

    BalasHapus
  18. wah saya jadi penasaran nih dengan komputer generasi ke 5 :D di tunggu artikel selanjutnya (y)

    BalasHapus
  19. Bermanfaat postingannya bro. Terimakasih

    BalasHapus
  20. wah postingannya bagus untuk mengenal lebih dalam terciptanya kompi :-bd

    BalasHapus
  21. Nice info Gan mantap artikelnya :D

    BalasHapus
  22. sangat bermanfaat sekali artikelnya gan, nice work dah (y)

    BalasHapus
  23. Nice postingannya !! buat nambah wawasan tentang komputer , sekalian jadi referensi ane buat tugas kuliah (y) thanks gan (y)

    BalasHapus
  24. Mari Boskuu...
    BermainLah Bersama Kami Di Gadispoker
    hanya Butuh 1 ID dan Anda Bisa Bermain 6 Permainan Di Sini.
    jadi Tunggu Apa lagi,, Ayo Bergabung Dan MenangKan Jutaan Rupiah.

    Jangan Ragu Dengan kami Di sini Kami MenjaminKan Pemainan Tanpa Robot.
    Ataupun Admin Kami Bermain Bersama anda.
    DI sini kami Fairplay, 100% Player VS player.

    Poker Aman Dan Terpercaya Hanya Bersama Gadispoker.
    Kami Juga Menyediakan Bermacam Promo untuk Para Member Setia Kami.
    -Minimal Depo / Wd Hanya : 10000,-
    -Bonus Deposit Setiap hari Untuk Para member.
    -Bonus Refferal 15% Seumur Hidup.
    -Bonus TO/Turn Over Up TO 0,3% - 0,5%

    Kalian Juga Akan Di layani dengan CS Kami Yang Ramah dan Sangat propesional.
    Selama 24jam Nonstop,
    JAdi Jangan Berpikir panjang lagi mari Bergabung bersama Gadispoker dan Di tunggu Kemenangannya,


    Untuk Info Lebih lanjut Silakan hubungi CS (custumer Service).
    -Live chat ( https://goo.gl/iXP5pY )
    -Whatsapp : +855966624192
    -Skype : Gadispoker
    -Yahoo : gadispokercs
    -BBM : D87DB681
    Hubungi Segera Dan Jangan Lewatkan Kemenanganmu..!

    BalasHapus

Harap gunakan kata-kata yg sopan dalam berkomentar