Jumat, 18 Oktober 2013

Ilmu Sosial Dasar 1

Mengapa pembelajaran yg difasilitasi pihak luar lebih efektif daripada pembelajaran mandiri dengan hypermedia?
Sebuah studi meneliti bagaimana pembelajaran mandiri dan pembelajaran yg difasilitasi pihak luar secara berbeda mempengaruhi para remaja dalam mempelajari tentang sistem peredaran darah saat menggunakan hypermedia.
Sebanyak 128 siswa SMP dan SMA yg memiliki pengetahuan minim tentang topik tersebut, secara acak ditugaskan baik dalam kondisi belajar mandiri ataupun kondisi belajar dengan difasilitasi pihak luar. Pelajar yg belajar mandiri mengatur pembelajaran mereka sendiri, sedangkan pelajar yg difasilitasi memiliki seorang pendamping yg memfasilitasi pembelajaran mereka. Hasil yg dikumpulkan mengemukakan bahwa pelajar yg difasilitasi secara signifikan mendapatkan nilai yg lebih besar dan sebagian besar diantaranya menunjukan mental yg lebih berkembang dalam posttest. Datanya menunjukan bahwa pelajar dalam kondisi ini mendapat pengetahuan dasar, menggunakan strategi belajar yg efektif dan bisa mendapat bantuan atas kesulitan yg dihadapi dalam proses belajar. Sebaliknya, pelajar yg belajar mandiri menggunakan strategi yg tidak efektif karena tidak mendapat pantauan.
Belajar dengan hypermedia mengharuskan siswa untuk mengatur pembelajarannya, misalnya membuat keputusan tentang apa yg harus dipelajari, bagaimana mempelajarinya dan berapa lama waktu yg dihabiskan untuk mempelajarinya. Secara khusus, siswa diharuskan menganalisis situasi belajar, menetapkan tujuan pembelajaran, menentukan strategi apa yg harus digunakan, menilai strategi efektif untuk mencapai tujuannya dan mengevaluasi pemahaman mereka terhadap topik yg mereka hadapi. Akan tetapi, kebanyakan siswa memiliki kesulitan mengatur pembelajaran mereka. Karena sebab tersebut, potensi hypermedia sebagai alat pembelajaran dapat rusak.
Maka dari itu, pilihan yg ampuh untuk pembelajaran siswa adalah dengan menggabungkan antara pembelajaran yg difasilitasi dengan penggunaan hypermedia. Maksudnya, menggunakan metode pembelajaran yg difasilitasi dengan seorang pendamping, dan sang pendamping dapat memfasilitasi siswa dengan hypermedia.

Rancangan Hypermedia Sebagai Perancah Pelajar
Jumlah sumber yg tersedia menawarkan bimbingan tentang rancangan strategi hypermedia, banyak yg mengandalkan prinsip-prinsip pola yg terpusat pada pengguna. Banyak upaya yg akhir-akhir ini, lebih berfokus pada pengembangan hypermedia yg terpusat pada pelajar. Hypermedia yg terpusat pada pelajar dirancang untuk membantu pelajar mencapai tujuan pembelajaran mereka, ketimbang hanya memberikan kegunaan. Sayangnya, usaha ini dilumpuhkan oleh kurangnya penelitian yg empiris pada topic ini. Penelitian diadakan di laboratorium saya dan yg lainnya telah menyediakan beberapa wawasan. Kini telah dipahami bahwa beberapa karakteristik sistem dan pengguna terpengaruh dari hasil pembelajaran yg dibantu hypermedia (PDH). Diantara faktor yg paling relevan adalah tingkat metakognisi dan pengetahuan pelajar, dan interaksi antara faktor-faktor tersebut dan struktur hypermedia. Dengan menitikberatkan pada  penelitian ini, memungkinkan untuk membuat hypermedia yg merancah pelajar dalam pencarian mereka untuk membangun pengetahuan dan pemahaman. Artikel ini dibuat dari temuan yg empiris untuk mengarahkan rancangan strategi hypermedia untuk merancah pelajar terlibat pada PDH. Pedoman tersebut menargetkan kemampuan pengetahuan dan metakognitif pelajar untuk membangun hypermedia yg memaksimalkan potensi belajar.
Penelitian yg pada pembelajaran berbasis hypermedia telah menjelaskan bahwa bermacam-macam faktor internal dan eksternal dapat menghalangi siswa dalam pencarian mereka untuk membangun pengetahuan dan pemahaman baru. Kurangnya pengetahuan dasar, buruknya kemampuan kognitif, disorientasi, buruknya pola sistem dan banyak faktor lainnya dapat mencegah pelajar mencapai tujuan mereka. Beberapa tahun terakhir, banyak perhatian telah tercurah pada penggunaan perancah pelajar untuk mendukung siswa dalam menghindari atau mengatasi hambatan.
Kiasan perancah diperkenalkan oleh Wood (1976), yg menggunakannya untuk menjelaskan fungsi pendukung dari pendidik. Sejak saat itu gagasan perancah telah digunakan untuk menjelaskan banyak mekanisme pendukung pelajar, baik manusia, program atau teknologi. Tanpa memandang sumbernya, perancah yg efektif menyediakan pelajar dengan sebuah struktur pendukung yg membantu mereka  mencapai pencapaian yg lebih tinggi. Gagasan yg menggunakan lingkungan elektronik sebagai dasar untuk bermacam-macam mekanisme perancah telah menerima banyak perhatian akhir-akhir ini, berakibat pada jumlah penerbitan jurnal edisi khusus.
Mekanisme perancah harus dikembangkan untuk mengarahkan pengenalan sumber dari kesulitan yg dihadapi oleh pelajar yg mengerjakan tugas melalui komputer. Dari sudut pandang ini, penting untuk memahami fungsi dari perancah secara luas, sebagai rintangan yg bervariasi di alam, mungkin terbukti menjadi sasaran empuk yg dapat merancang perancah. Untungnya, literature yg besar telah menentukan banyak hambatan yg dihadapi siswa yg menggunakan pembelajaran yg dibantu hypermedia (PDH) dan menyarankan metode untuk mengatasinya. Saat jauh dari pemahaman, literature ini telah mengarah pada jumlah prinsip rancangan hypermedia yg didukung secara empiris yg dapat dirumuskan. Tujuan utama saya dalam artikel ini adalah untuk menguraikan sejumlah prinsip dasar empiris.
Dengan tujuan itu, saya mengambil pendekatan rancangan berdasarkan masalah dari perancahan. Rancangan dasar, seperti yg diungkapkan oleh Hannafin dkk, adalah rancangan sistem yg berakar pada  teori dan penelitian empiris. Aspek penting dari sudut pandang saya adalah gagasan komponen dasar dari sistem hypermedia dapat dimanipulasi sebagai fungsi perancah. Dengan menggunakan fitur dukungan yg ada sebagai bagian alami dari hypermedia, pengguna jarang memperhatikan keberadaan perancah.
Ada beberapa keuntungan penting untuk menanamkan pendekatan. Khususnya dengan merancang kebiasaan untuk melakukan “tugas ganda” dan menyediakan perancahan sebagai tambahan pada fungsi normalnya, perancah dapat berbaur dengan mulus ke dalam hypertext. Terlebih, sejak kemajuan dalam teknologi hypermedia yg adaptif telah membuat fitur yg mudah dibentuk, menanamkan perancah ke dalam rancangan sistem dasar menyediakan kemungkinan untuk menyesuaikan alat perancah untuk kebutuhan pelajar. Selain itu, menanamkan perancah dalam struktur hypermedia memiliki potensi untuk memudar (penghapusan perancah) kurang jelas. Isu memudar adalah salah satu yg telah dipelajari dan tetap menjadi masalah dalam pelaksanaan perancah.

Peran metakognisi dalam PDH
Aktivitas metakognitif yg meningkat dapat memperbesar hasil PDH. Shapiro (1998a) melaporkan beberapa bukti tidak langsung dari efek ini. Dalam penelitian tersebut, subjek diminta untuk belajar tentang suatu topik dalam sejarah Amerika menggunakan salah satu dari beberapa sistem hypermedia. Sebuah variabel yang memantau dalam penelitian ini adalah perilaku navigasi subyek 'selama fase pembelajaran. Shapiro menemukan bukti bahwa beberapa mata pelajaran lebih berprinsip daripada yang lain dalam perilaku navigasi mereka. Secara khusus, beberapa tampak menggunakan kemudahan akses sebagai kriteria untuk memandu tautan pilihan, lebih sering menghindari tautan merepotkan bahkan jika mereka mungkin telah memiliki pilihan yang lebih tepat. Sebuah strategi navigasi yang tetap bergantung pada kemudahan berkorelasi dengan peningkatan kinerja pada posttest esai dari pemahaman konseptual. Salah satu cara untuk menginterpretasikan hasil ini adalah bahwa subyek yang ditampilkan strategi metakognitif lebih menikmati hasil pembelajaran yang lebih besar.
Peran pengetahuan awal dalam PDH
Pengetahuan awal akan bervariasi antara pengguna dari setiap sistem hypermedia yang diberikan. Karena pengetahuan yang ada mungkin merupakan prediktor yang paling penting dari pembelajaran masa depan, dapat dimengerti bahwa variabel ini telah menerima banyak perhatian dalam konteks PDH. Hasil yang tubuh bekerja memberikan bukti beragam tentang kepekaan pelajar tingkat lanjut perlu unsur hypermedia

Prinsip-prinsip desain untuk perancah PDH
1. Perancah untuk pelajar berpengetahuan rendah
Bagian pemula membutuhkan bimbingan lebih selama PDH karena mereka tidak dapat menggunakan kumpulan pengetahuan yg telah ada sebagai dasar untuk informasi baru. Selain itu, kurangnya
pengetahuan dapat menyulitkan untuk tetap berorientasi pada informasi. Hasilnya bisa menjadi perasaan menjadi'' tersesat'' dalam sistem. Salah satu cara untuk memaksakan struktur informasi atau menggambarkan hubungan antara dokumen adalah untuk menyediakan peta situs. Membiarkan peserta didik untuk melihat struktur global sistem hypermedia berguna dalam menyediakan pandangan sekilas dari bagiannya. Memberikan peserta didik pemandangan gambaran besar memberikan perspektif tentang domain secara umum dan dapat membantu dalam penciptaan kesatuan dunia.
2. Perancah untuk pelajar dengan keterampilan metakognitif yang buruk
Seperti dijelaskan sebelumnya, hal ini dipahami bahwa keterampilan metakognitif yang baik mengarah pada hasil belajar yg meningkat. Dalam merancah pengetahuan, kuncinya adalah untuk memberikan petunjuk eksplisit untuk hubungan antara ide-ide, sehingga memungkinkan siswa untuk memahami isi dan mengurangi beban kognitif yang terkait dengan menavigasi wilayah asing. Singkatnya, adalah penting untuk perancah belajar dengan mempromosikan praktik metakognitif antara peserta didik.
3. Perancah untuk mendukung tujuan pembelajaran yang spesifik
Penting untuk merancang hypermedia yang membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran mereka. Untuk alasan ini, sebuah sistem hypermedia harus disusun dengan cara yang kompatibel dengan tujuan-tujuan peserta didik. Banyak domain dapat disusun dalam beberapa cara, untuk menyoroti sejumlah tema atau perspektif pada informasi. Singkatnya, memiliki tujuan belajar mereka didukung oleh desain sistem dapat menguntungkan semua pelajar, terlepas dari tingkat keahlian. Efektif berarti peserta didik merancah dalam pencarian mereka untuk memenuhi tujuan pembelajaran yang spesifik dapat dicapai melalui peta situs, struktur sistem global, dan pertemuan rancangan yang terkait dengan link gaya dan penempatan.

sumber: http://www.sciedu.ca/journal/index.php/wje/article/download/210/107

Efek Saran dan Masukan Untuk Ngeblog Pada Proses Pembelajaran Reflektif Mahasiswa
Refleksi merupakan prasyarat penting untuk membuat makna dari informasi baru, dan untuk maju dari permukaan ke pembelajaran yang dalam. Strategi seperti menulis jurnal dan member masukan teman sebaya telah ditemukan untuk mendorong refleksi seperti berpikir dan belajar yg mendalam. Penelitian ini menggunakan rancangan empiris untuk menyelidiki efek interaksi Saran atau masukan teman sebaya dan ngeblog pada keterampilan berpikir reflektif mahasiswa dan pendekatan belajar mereka. Empat puluh empat mahasiswa tahun pertama dan kedua berpartisipasi dalam penelitian ini. Dua jurnal dijadikan sampel pada awal dan akhir semester untuk setiap siswa. Sebuah pengukuran satu arah ANOVA menunjukkan bahwa tingkatan berpikir reflektif siswa meningkat secara signifikan dari waktu ke waktu, namun umpan balik yang ditemukan berdampak negatif pada kemampuan berpikir reflektif siswa. Hasil penelitian menyarankan agar dirancang dengan seksama pemanfaatannya di masa depan. Refleksi dianggap sebagai prasyarat penting bagi berlangsungnya pembelajaran mendalam dan bermakna. Secara umum, refleksi didefinisikan sebagai siklus penyelidikan untuk tujuan membuat makna atau mencari solusi untuk menghadapi situasi atau pertanyaan yang mengganggu.
Para sarjana tampaknya setuju bahwa tingkat refleksi adalah fungsi dari berapa banyak skema pelajar atau struktur kognitif digunakan atau diubah. Ketika pengalaman masa lalu hanya berkedip melalui pikiran, pelajar tidak terlibat dalam level refleksi dan representasi dari proses berpikir (jika ada) sebagian besar deskriptif
Peran refleksi dalam belajar
Refleksi didefinisikan sebagai pemikiran tujuan berorientasi pada tujuan. Situasi yg meragukan memicu refleksi dan kita dapat berhipotesis bahwa refleksi yang berfungsi menampung informasi baru dan meminimalkan "ketidakseimbangan" dalam peserta didik. Selama proses pemeriksaan pengalaman, jika pelajar menemukan masalah atau keraguan, pemikiran mereka akan mendalaminya. Berpikir bisa semakin lebih reflektif ketika pelajar mulai mengkontekstualisasikan berpikir untuk mencari penyebab dan akibat dari situasi. Bekerja dengan orang lain dapat mempermudah peserta didik untuk mencerminkan dan dapat memperdalam dan memperluas kualitas refleksi asalkan semua peserta didik terlibat dalam proses. Orang lain dapat memberikan perhatian bebas yang mempermudah refleksi, mengajukan pertanyaan yang menantang, pemberitahuan dan tantangan blok dan hambatan emosional dalam refleksi.
Metode
1. Peserta
Empat puluh empat mahasiswa terdaftar di dua sesi kursus pengantar ilmu politik di tanah-hibah universitas timur laut berpartisipasi dalam studi. Semua adalah mahasiswa tahun pertama dan satu-sepertiga dari mereka adalah perempuan. Absen di survey laporan diri dan kegagalan untuk menyelesaikan jurnal mingguan weblog menyebabkan beberapa gesekan subjek. Data 27 siswa digunakan untuk analisis. Survei pra-studi demografi menunjukkan bahwa tidak satupun dari peserta telah menggunakan weblog sebelumnya.
2. Alat
Beberapa skema pengkodean pemikiran reflektif yg potensial dieksplorasi untuk melihat apakah mereka menyediakan kerangka yg tepat untuk mengevaluasi tingkat refleksi. Skema pengkodean akhirnya digunakan karena alasan berikut: a. skema pengkodean dikembangkan dengan menggunakan kerangka konseptual Boud dan Australasia dan Mezirow, dengan demikian pencocokan asumsi teoritis penelitian saat ini tentang model berbentuk piramida pemikiran reflektif; b. skema itu di lapangan diuji dan keandalan adalah 0,88; c. Skema menawarkan rubrik rinci dengan klarifikasi kriteria evaluasi, sehingga membuat aplikasi konsisten di seluruh penilai yang berbeda dan isi pelajaran; d. skema menggolongkan pemikiran reflektif menjadi enam tingkat, memungkinkan untuk gradasi lebih dalam penilaian.
Hasil
Sebuah pengukuran berulang ANOVA menunjukkan tidak ada efek interaksi antara perlakuan dan waktu. Untuk kelompok kontrol, yang tidak terlibat dalam Saran atau masukan teman sebaya, skor rata-rata siswa pada refleksi meningkat sebesar 1,04 poin setelah satu semester jurnal menjaga, namun untuk kelompok perlakuan yang menerima Saran atau masukan dan menulis, skor siswa meningkat sebesar 0,93 poin atas waktu.

Interaksi pengaruh antara waktu dan kelompok tidak signifikan secara statistik. Hal ini menunjukkan bahwa dalam populasi, efek kelompok (umpan balik atau non-umpan balik) pada nilai berpikir reflektif siswa tidak akan berbeda untuk semester paruh pertama atau paruh kedua. Juga, pengaruh waktu pada nilai berpikir reflektif siswa tidak akan berbeda bagi siswa yang tidak atau mengirim dan menerima umpan balik. Pengaruh utama waktu pada skor berpikir reflektif siswa secara statistik signifikan pada tingkat 0,001. Dalam populasi, sebagai mahasiswa tetap blogging, siswa cenderung lebih reflektif dengan berjalannya waktu oleh. Efek utama kelompok umpan balik yang berbeda pada nilai berpikir reflektif siswa secara statistik signifikan pada tingkat 0,05 untuk uji satu sisi. Dalam populasi, siswa yang mengirim atau menerima umpan balik pada weblog mereka cenderung kurang reflektif dibandingkan mereka yang tidak mengirim atau menerima umpan balik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap gunakan kata-kata yg sopan dalam berkomentar