Senin, 05 Agustus 2013

Kebiasaan Menjelang Lebaran

Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Ga terasa banget romadhon tahun ini bergegas begitu cepat, gesit banget. Sebentar lagi udah mau lebaran aja ya. Setiap agama pasti ada hari rayanya, nah Islam juga punya hari raya. Ada 2 tuh hari rayanya, Idul Fitri dan Idul Adha, jadi gausah ngerayain hari besar lainnya, kan hari besar bukan berarti hari raya. Kali ini gua mau bahas kebiasaan orang-orang Indonesia menjelang lebaran Idul Fitri nih.



1. Mudik
Mudik ini asalnya dari bahasa jawa, Mulih Dhisik, artinya pulang dulu. Mudik itu ya pulang kampung ke kampung halaman si pemudik itu. Tujuan orang mudik adalah bertemu sanak keluarga untuk bersilaturahmi, sekalian maap-maapan gitu. Tapi sayang banyak yg ga sampe tujuan. Karena banyak juga terjadi kecelakaan lalu lintas yg dialami selama mudik. Penyebabnya mungkin karena ngantuk, atau bawaan yg terlalu banyak. Apalagi setiap tahunnya jumlah pemudik meningkat. Tau kenapa jumlah pemudik makin banyak? Ya karena makin banyak yg merantau. Tau kenapa makin banyak yg merantau? Ya karena pembangunan di Indonesia ga merata. Moga aja pemerintah bisa menanggulangi ketidakmerataan pembangunan di Nusantara. Biasanya sih pas pemudik balik lagi ke Jakarta, mereka bawa sodaranya yg dari kampung buat kerja di Jakarta. Yeileh di Jakarta aja masih banyak orang yg ga kebagian kerja, yg ada tambah sumpek tuh kota. Gubernur DKI Pak Jokowi juga udah menghimbau supaya jangan pada bawa sodaranya ke Jakarta.


2. Beli baju baru
Yah kalo kebiasaan yg ini mah ga cuma orang Indonesia juga mungkin ya. Biasanya menjelang lebaran orang-orang pada sibuk belanja pakaian baru buat dipake di hari lebaran nanti biar keliatan keren. Padahal justru sebenarnya keutamaan bulan Romadhon itu ada di akhir-akhirnya. Kan sayang kalo melewatkan keutamaannya cuma demi beli baju baru yg mungkin ga terlalu dibutuhkan. Kan bisa pake baju yg lama, kalo masih bisa dipake ngapain beli yg baru? Kecuali yg udah ga layak pake atau yg udah kekecilan. Yang paling penting kan bukan pakaian yg baru, tapi hati yg kembali suci, itulah kemenangan kita setelah berperang selama sebulan di bulan Romadhon.

3. Mengucapkan "Minal 'aidzin wal faidzin"
Biasanya orang Indonesia kalo minta maap pas lebaran bilangnya gitu, padahal di Arab sih ga ada yg gitu. Rosulullah juga ga bilang gitu, beliau mengucapkan "Taqabbalallahu minna wa minkum" seperti dalam hadist yg diriwayatkan Baihaqi:


Dari Kholid bin ma’dan berkata: “Aku bertemu dengan Watsilah bin asqo’ di dalam hari raya maka aku berkata : “Taqobbalallohu minna waminka”, maka dia menjawab : Na’am taqobbalallohu minna waminka”. Watsilah berkata : “Aku bertemu dengan Rasulullah SAW pada hari raya maka aku berkata : “Taqobbalallohu minna waminka”, maka Nabi menjawab : “Na’am, Taqobbalallohu minna waminka”. ( HR. Baihaqi )

Mungkin segitu aja yg bisa gua bahas. Silahkan melakukan kebiasaan apa aja asal tidak bertentangan dengan ketetapan agama dan ga ngerugiin diri sendiri serta orang lain. Mohon maaf kalo isinya ga berkenan, karena yg nulis ga lebih baik dari yg baca.

Wassalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap gunakan kata-kata yg sopan dalam berkomentar