Kamis, 19 Maret 2015

Web Dan Jaringan Internet

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh
Web atau singkatan dari WWW (world wide web) adalah sistem yang menyajikan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara dll pada sebuah sever internet. Web diidentifikasikan oleh pengenal global yang disebut URL (uniform resoucre locator). Banyak terjadi kekeliruan dengan menganggap web sebagai internet, padahal web itu sendiri merupakan bagian dari internet.

Untuk mengakses sebuah web, digunakan perangkat lunak yang disebut web browser. Web browser dapat mengakses halaman pada web menggunakan protokol HTTP (hypertext transfer protocol). Melalui HTTP ini lah web browser yang bertindak sebagai client berkomunikasi dengan server. Halaman yang terdapat dalam sebuah web ditulis dalam format HTML (hypertext markup language). Kita dapat menelusuri web dan berpindah-pindah halaman dengan adanya tautan yang terdapat dalam halaman web, kegiatan ini disebut browsing atau ada yang menyebutnya surfing (berselancar) di internet. Untuk memudahkan pengguna internet dalam mencari web, digunakan alat pencari (search engine). Salah satu yang paling populer saat ini adalah Google. Search engine menggunakan keyword (kata kunci) yang diinginkan oleh pengguna dan mencocokkannya dengan database mereka.

Web bekerja melalui beberapa langkah. Pertama pengguna memasukkan perintah melalui browser. Kemudian browser akan mengirimkan permintaan ke server web dengan HTTP. Lalu server web akan menerima dan mengolah permintaan tersebut. Setelah diolah, maka server web akan mengirimkan hasilnya ke browser dalam bentuk HTML untuk kemudian ditampilkan ke pengguna.


Jaringan Internet
Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang masalah internet. Kali ini saya membahas tentang bagian dari internet lainnya, yaitu jaringan internet. Jaringan internet adalah kumpulan jaringan komputer yang terhubung ke internet. Sebagai sebuah sistem, jaringan internet memfasilitasi komunikasi data. Interaksi antar jaringan dilakukan dengan bertukar paket data.

Untuk menghubungkan komputer-komputer ke dalam jaringan internet,  tentu  komputer anda harus tehubung ke internet terlebih dahulu. Standar protokol yang diistilahkan TCP/IP (transmission control protocol / internetworking protocol) digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer ke dalam jaringan internet.

Ada beberapa jenis jaringan internet yang digunakan untuk berinteraksi di dunia maya, diantaranya:

1. Forum diskusi.
Sesuai namanya, jaringan ini digunakan untuk berdiskusi mengenai tema tertentu yang sedang hangat dibicarakan. Selain itu, ia juga bisa berisi informasi penting ataupun berita tentang suatu fenomena yang muncul di masyarakat. Contohnya adalah kaskus.

2. Berbagi file.
Dalam sistem jaringan internet terdapat ribuan file yang berisi informasi atau perangkat lunak yang bisa didapatkan secara gratis. Untuk menggunakan fasilitas ini kita menggunakan  ftp (‘file transfer protocol’).  Proses mengambil file dari host disebut unduh atau download. Kita juga dapat mengirim file dari komputer kita ke host. Proses itu disebut proses unggah atau upload. Contohnya http://tusfiles.net/

3. Berbincang-bincang secara real-time.
Jenis ini mungkin yang paling sering digunakan karena cepat, ringan dan murah. Kita dapat berdiskusi secara real-time dengan banyaknya perangkat lunak chatting. Penggunaan SMS kini mulai digantikan oleh chat yang pada dasarnya lebih nyaman dan ditambah dengan fitur emoticon atau sticker untuk berekspresi. Contohnya whatsapp

Demikian pembahasan saya mengenai web dan jaringan internet. 
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh
http://buset.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/15804/dasar-web-dan-html.pdf
https://books.google.co.id/books?id=J8JpLoPUHGAC&lpg=PA1&dq=web%20adalah&pg=PA1#v=onepage&q=web%20adalah&f=false
http://jaringankomputer.org/jaringan-internet-macam-macam-sistem-jaringan-internet-adalah/
http://carapedia.com/kerja_www_info2550.html
http://jaringankomputer.org/jaringan-internet-pengertian-fakta-dampak-jaringan-internet/






2 komentar:

  1. Wa'alaikumsalam. Tulisan yang sangat bermanfaat, jadi menambah wawasan mengenai web & jaringan internet

    BalasHapus
  2. ah mas alpis suka pura-pura baru ngerti gitu

    BalasHapus

Harap gunakan kata-kata yg sopan dalam berkomentar