Minggu, 19 April 2015

Aspek Hukum & Keamanan, Arsitektur dan Pembuatan Web

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

Perkembangan internet yang sangat pesat membawa keuntungan tersendiri bagi penggunanya. Hal ini ditandai dengan bertambahnya pengguna internet, jumlah transaksi, frekuensi penggunaan media social serta menjamurnya beragam komunitas baru yang memanfaatkan fasilitas internet. Namun bukan hanya membawa keuntungan, perkembangan tersebut juga membawa dampak buruk. Sama halnya dengan jalan raya, semakin ramai jalan raya maka semakin besar pula ancaman yang ditimbulkan seperti kecelakaan, dalam internet juga terdapat ancaman seperti phising, spyware, identity theft, penipuan dsb. Dengan ramainya lalu lintas internet, banyak pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkannya untuk mendapat keuntungan dengan cara ilegal. Untuk itu lah kita harus mengetahui aspek-aspek keamanan internet untuk mencegah terjadinya kejahatan dalam dunia maya.


Aspek Hukum

Beberapa aspek hukum dalam penggunaan internet antara lain:
  •  Aspek privasi, menjamin kerahasiaan data pribadi pengguna internet.
  •  Aspek keamanan, hukum yang menjamin keamanan pengguna internet.
  •  Hak milik intelektual, perlindungan hukum bagi pembuat karya yang meliputi hak cipta dan hak paten.
  • Aspek perdagangan, legalisasi internet sebagai bagian dari perdagangan barang atau jasa.


Aspek Keamanan

Berikut merupakan aspek keamanan dalam menggunakan internet
  • Aspek Teknis
Dari segi teknis, jumlah ancaman yang timbul memperlihatkan peningkatan yang tajam seperti phising, malware, spyware, spam dsb. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kita dapat melakukan beberapa tindakan seperti mengaktifkan firewall yang merupakan sistem untuk mencegah akses tidak sah ke jaringan pribadi yang berasal dari pihak luar. Kita juga dapat menginstall anti virus dan anti spyware untuk mencegah malware masuk ke dalam komputer.
  • Aspek Bisnis
Jika sebuah perusahaan sangat tergatung bisnisnya dengan kinerja sistem aplikasi yang terhubung dengan internet, sementara berdasarkan kajian/analisis resiko terdapat sejumlah potensi gangguan yang probabilitas terjadinya tinggi dan dapat mengakibatkan dampak yang signifikan jika sampai terjadi, maka perlu dilakukan tindakan pengamanan secara serius untuk mencegah terjadinya gangguan atau unintended event tersebut.
  • Aspek Sosial
Tak dapat dipungkiri bahwa hadirnya internet membawa dampak postif dalam kehidupan manusia. Dengan internet kita dapat berhubungan dengan keluarga yang jauh dengan mudah dan cepat. Namun internet tidak hanya membawa keuntungan saja, ia juga membawa dampak buruk. Dimulai dari kebebasan berpendapat di dunia maya. Banyak orang yang berpikir dapat berkata sesuka hatinya tanpa mempertanggung jawabkan apa yang ia katakana seperti menghina bahkan memfitnah seseorang atau suatu kelompok. Padahal sangat jelas dalam UU ITE pasal 27 ayat 3 tentang perbuatan yang dilarang dalam dunia maya, adapun pasal tersebut berbunyi, “Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”, sementara ketentuan pidana dari pasal tersebut tertera pada pasal 45 ayat 1 yang berbunyi, “Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)”. 

Mungkin banyak pengguna internet yang belum mengetahui tentang UU ITE yang mengatur tentang penggunaan sistem informasi sehingga banyak yang melakukan perbuatan-perbuatan yang termasuk dalam tindak pidana. Jangan sampai hanya karena mengolok-olok seseorang atau suatu kelompok mengakibatkan kita terperangkap dalam jeruji besi, karena ada korban penghinaan/pencemaran nama baik yang tidak segan untuk mengambil tindakan hukum. 

Untuk menghindarinya, kita harus mengetahui tentang etika dalam berinternet atau yang sering disebut Netiquette:
  1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall.
  2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
  3. Hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu:
    • Jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
    • Jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian nomor kartu kredit.
    • Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
    • Jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
    • Jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.

ARSITEKTUR WEBSITE
Arsitektur website adalah rancangan terstruktur dari sebuah website yang melibatkan teknis (bagaimana web tersebut bekerja), kriteria estetika (tampilan web) dan fungsionalitas web itu sendiri. Dalam penerapan web service, terdapat 3 standar utama yang mendukung pertukaran data berbasis XML, yaitu:
  1. SOAP(Simple Object Access Protocol), adalah standar untuk bertukar pesan-pesan berbasis XML melalui jaringan komputer antara program dalam sebuah komputer dengan program pada komputer lainnya dengan menggunakan HTTP dan XML sebagai mekanisme untuk pertukaran data.
  2. WSDL (Web Services Description Language) adalah bahasa berbasis XML untuk mendeskripsikan Web services dan bagaimana untuk mengaksesnya dengan menspesifikasikan lokasi service dan operasi (methods) yang disediakan oleh web service.
  3. UDDI (Universal Discovery Description Integration) mendeskripsikan bagaimana pelanggan potensial sebuah web service dapat belajar mengenai kapabilitasnya dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk membuat kontak awal dengan situs. Biasanya, kontak ini disertai download WSDL.

Adapun bagian-bagian yang menjadi arsitektur web diantaranya:
  1. Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks.
  2. Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah web browser dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.
  3. JavaScript adalah bahasa pemograman web yang bersifat Client Side Programming Language. Itu berarti pemrosesannya dilakukan oleh client. Pada awal perkembangannya, JavaScript berfungsi untuk membuat interaksi antara user dengan situs web menjadi lebih cepat tanpa harus menunggu pemrosesan di web server. Sekrang penggunaannya meluas seperti untuk membuat animasi pada website.
  4. XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML.
  5. Asynchronous JavaScript and XMLHTTP, atau disingkat AJaX, adalah suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web interaktif untuk memindahkan sebagian besar interaksi pada komputer web browser, melakukan pertukaran data dengan server di belakang layar, sehingga halaman web tidak harus dibaca ulang secara keseluruhan setiap kali seorang pengguna melakukan perubahan. Hal ini akan meningkatkan interaktivitas, kecepatan, dan usability.

Membuat Blog
Setelah mengetahui arsitekturnya, sekarang mari buat blog. Dalam kasus ini, saya menggunakan Blogger. Untuk memulainya, kita harus memiliki akun Google, karena Blogger terintegrasi ke dalam akun Google. Login ke dalam akun Google anda, jika belum memilikinya silahkan buat akun Google terlebih dahulu.

Kemudian masuk ke Blogger, kemudian pilih blog baru.


Setelah itu masukkan nama dan alamat blog, kemudian pilih template yang telah disediakan. Jika sudah, pilih tombol "Buat blog!" maka blog anda sudah terbuat.
Pilih menu dropdown yang ada di sebelah kiri tombol "Lihat blog" untuk melihat menu blog seperti membuat entri baru, melihat statistik tampilan, mengubah layout blog, mengedit template, mengubah setelan blog dll.

Untuk membuat entri baru, pilih tombol bergambar pensil di sebelah kiri menu dropdown tadi.
Jika sudah selesai menulis entri, pilih "Publikasikan". Setelah itu pilih "Lihat" untuk melihat hasilnya.
Ini lah hasilnya.


Saya rasa hanya itu yang bisa saya sampaikan mengenai aspek-aspek pada sebuah website.

Wassalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

folder.idsirtii.or.id/pdf/IDSIRTII-Aspek_bisnis_keamanan_internet.pdf
http://gaptex.com/wp-content/uploads/2014/10/uu-ite.pdf
http://id.wikipedia.org/wiki/Netiquette
https://ouroddworld.wordpress.com/2014/03/18/arsitektur-web-dan-aplikasi-utamanya/
http://changeofchange.blogspot.com/2013/03/arsitektur-web-dan-aplikasi-utamanya.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Simple_Object_Access_Protocol
http://www.adityarizki.net/2012/06/mengenal-wsdl-dan-strukturnya-dalam-web-service/
http://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Hiperteks
http://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-javascript-pengertian-dan-fungsi-javascript-dalam-pemograman-web/
http://id.wikipedia.org/wiki/HTML
http://id.wikipedia.org/wiki/AJAX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap gunakan kata-kata yg sopan dalam berkomentar