Minggu, 23 November 2014

Komputasi Awan (Cloud Computing)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

Komputasi awan (cloud computing) akhir-akhir ini semakin sering menjadi topik pembicaraan di dunia IT. Banyak penyedia layanan dan perusahaan yang menggunakan teknologi ini. Apa yang dimaksud dengan komputasi awan? Bagaimana ciri-cirinya? Apa kelebihan dan kekurangannya?

Komputasi awan atau lebih sering disebut cloud computing adalah gabungan pemafaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Menurut Institut Nasional Standar dan Teknologi, komputasi awan didefinisikan sebagai "model untuk meningkatkan kenyamanan, memberikan on-demand access ke jaringan terminal sumber daya komputasi bersama, yang dapat dikonfigurasi (misalnya jaringan, server, penyimpanan, aplikasi, dan layanan yang diberikan) yang dapat ditetapkan dengan cepat dan dirilis dengan upaya manajemen atau interaksi penyedia layanan yang minimal". Awan (cloud) yang dimaksud di sini adalah internet, sebagaimana awan sering digambarkan dalam diagram jaringan komputer. Komputasi awan mengacu pada layanan penyampaian aplikasi melalui internet dan perangkat keras serta sistem perangkat lunak di pusat data sebagai penyedia layanan.

Karakeristik Komputasi Awan
Berikut ini adalah beberapa karakteristik komputasi awan:

  1. On-demand  access.  Komputasi  awan menawarkan pemenuhan permintaan yang cepat  untuk komputasi  dan  memiliki kemampuan untuk terus memenuhi kebutuhan yang diperlukan.
  2. Elastisitas.  Menyediakan  kemampuan komputasi dalam jumlah yang diperlukan dan akan “dibuang” ketika komputasi tidak lagi diperlukan.
  3. Konektivitas. Semua server yang terhubung dalam jaringan berkecepatan tinggi yang memungkinkan data mengalir ke internet, demikan juga antara sumber daya komputasi dan penyimpanan saling terhubung dan terkoneksi  dalam  jaringan  berkecepatan tinggi.
  4. Pooling Sumber Daya. Prasarana Penyedia awan terbagi dalam sejumlah sumber daya berbagi, hal ini memberikan skala ekonomis untuk komputasi dan layanan.
  5. Infrastruktur maya. Klien dari komputasi awan tidak mengetahui lokasi sebenarnya, tidak mengetahui jenis komputer dari aplikasi yang mereka jalankan. Sebaliknya, penyedia awan memberikan matrikulasi kinerja untuk menjamin tingkat kinerja minimum.
Berdasarkan jenis layanannya, komputasi awan terbagi menjadi 3 macam:
  1. Software As A Service, adalah layanan dari komputasi awan dimana kita bisa menggunkanan aplikasi yang sudah disediakan oleh penyedia. Contohnya Gmail.
  2. Platform As A Service, adalah layanan dari komputasi awan dimana kita menyewa “rumah” berikut lingkungannya seperti sistem operasi, network, databbase engine, framework aplikasi, dll untuk menjalankan aplikasi yang kita buat. Contohnya Amazon Web Service.
  3. Infrastructure As A Service, adalah layanan dari komputasi awan dimana kita bisa “menyewa” infrastruktur IT seperti komputasi, storage, memory, network dsb. Kita bisa definisikan berapa besarnya unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage) , memory (RAM), bandwith, dan konfigurasi lainnya yang akan kita sewa untuk membangun komputer virtual. Contohnya TelkomCloud
Kelebihan Komputasi Awan
  1. Akses yang mudah
  2. Hemat ruang penyimpanan
  3. Menghemat biaya dengan mengurangi infrastruktur
Kekurangan Komputasi Awan
  1. Koneksi internet menjadi satu-satunya akses
  2. Privasi dan keamanan
Contoh komputasi awan adalah Dropbox. Dropbox adalah layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc. Dropbox menggunakan sistem penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data serta berkas dengan pengguna lain di internet menggunakan sinkronisasi data. Pengguna gratis mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 2 GB, tapi jika menyarankan Dropbox ke orang lain yang belum menggunakannya dapat ditambah hingga 8 GB.

Mungkin hanya itu yang dapat saya paparkan mengenai komputasi awan.
Wassalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.
http://www.cloudindonesia.or.id/apa-itu-cloud-computing.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
http://id.wikipedia.org/wiki/Dropbox
http://www.researchgate.net/publication/258279381_PENERAPAN_KOMPUTASI_AWAN_DALAM_DUNIA_PENDIDIKAN__SEBUAH_PENDEKATAN_TEORITIS/file/9c960527b1a3587d3a.pdf

2 komentar:

  1. ish ish ish ada sesepuh @@,
    salim dulu ah

    BalasHapus
  2. artikel yang sangat menarik,terimakasih sudah sharing, silahkan kunjungi juga web kami:
    Visit Us

    BalasHapus

Harap gunakan kata-kata yg sopan dalam berkomentar