Sabtu, 22 April 2017

Mobile Computing

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

Komputer telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Ia sangat bermanfaat di berbagai bidang. Namun, terkadang kita membutuhkan komputer ketika sedang tidak berada di rumah. Agar dapat menggunakan komputer di mana pun dan kapan pun, mobile computing adalah solusinya.
Mobile computing adalah teknologi yang memungkinkan transmisi data, suara dan video melalui komputer atau perangkat diaktifkan nirkabel lainnya tanpa harus terhubung ke link fisik tetap. Mobile computing merupakan sekumpulan peralatan hardware, data, dan perangkat lunak aplikasi yang bermobilisasi/berpindahlokasi dan merupakan kelas tertentu dari sistem terdistribusi dimana beberapa node dapat melepaskan diri dari operasi terdistirbusi, bergerak bebas, dan melakukan koneksi kembali pada jaringan yang berbeda.

Dua prinsip kerja utama mobile computing yang membedakannya dari arsitektur komputasi yang lain, seperti mainframe, klien-server, atau multi-tier yaitu virtualisasi dan provisioning.
  • Virtualisasi
    Setiap sumber daya (contoh komputer, disk, komponen aplikasi dan sumber informasi) dikumpulkan bersama-sama menurut jenisnya, lalu disediakan bagi konsumen (orang atau program software). Virtualisasi berarti meniadakan koneksi secara fisik antara penyedia dan konsumen sumberdaya dan menyiapkan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan tanpa konsumen mengetahui bagaimana permintaannya bisa terlayani.
  • Provisioning
    Ketika konsumen meminta sumber daya melalui layer virtualisasi, sumberdaya tertentu di belakang layer didefinisikan untuk memenuhi permintaan tersebut dan kemudian dialokasikan ke konsumen. Provisioning sebagai bagian dari mobile computing berarti bahwa sistem menentukan bagaimana cara memenuhi kebutuhan konsumen seiring dengan mengoptimasi jalannya sistem secara keseluruhan.

Jenis Mobile Computing
 Mobile Computing yang ada saat ini ada beberapa jenis, diantaranya adalah:
  • Laptop
    Merupakan komputer portabel, kecil dan dapat dibawa kemana saja dengan sangat mudah yang terintegrasi pada sebuah casing. Berat laptop berkisar dari 1 sampai 6 kilogram tergantung ukurannya, bahan dan spesifikasi. Sumber listrik berasal dari baterai atau A/C adaptor yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan untuk menyalakan laptop itu sendiri. Laptop kegunaannya sama dengan Komputer desktop, yang membedakannya hanya ukuran sehingga memudahkan pemakai untuk membawanya kemana-mana.
  • Wearable Computer
    Merupakan komputer yang dipakaikan di tubuh manusia. Contohnya adalah Computer Gletser Ridgeline W200. W200 ini terbuat dari paduan magnesium  bertulang yang memaksimalkan kekuatan dan meminimalkan berat keseluruhan. Pada hanya 10,2 ons dan dibentuk pada kontur lengan, W200 yang mengkombinasikan fitur yang sama dari sebuah komputer standar dengan sebuah perangkat yang memberikan kenyamanan dan ergonomis pergelangan tangan instrumen aus.
  • PDA (Personal Digital Assistants)
    Merupakan sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana. Versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau Jaringan Wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh
  • SmartPhone
    Merupakan ponsel yang menawarkan kemampuan canggih,  boleh dikata kemampuannya menyerupai kemampuan PC (komputer). Umumnya suatu  ponsel dikatakan sebagai smartphone bila dapat berjalan pada software operating system yang lengkap dan memiliki interface dan platform standar bagi pengembang aplikasi. Sementara itu ada yang mengatakan smartphone adalah ponsel sederhana dengan fitur canggih seperti kemampuan mengirim dan menerima email, menjelajah internet dan membaca e-book, built in full keyboard atau external USB keyboard, atau memiliki konektor VGA. Dengan kata lain, smartphone adalah miniatur komputer dengan kemampuan ponsel.
Kelebihan Mobile Computing
  • Fleksibilitas Lokasi
    Hal ini memungkinkan pengguna untuk bekerja dari mana saja selama ada koneksi didirikan. Seorang pengguna dapat bekerja tanpa di posisi tetap. mobilitas mereka memastikan bahwa mereka mampu melaksanakan berbagai tugas pada waktu yang sama dan melakukan pekerjaan lain mereka.
  • Menghemat Waktu
    Waktu dikonsumsi atau terbuang saat bepergian dari lokasi yang berbeda atau ke kantor dan kembali, telah memangkas. Satu sekarang dapat mengakses semua dokumen penting dan file melalui saluran aman atau portal dan bekerja seolah-olah mereka berada di komputer mereka. Ini telah meningkatkan telecommuting di banyak perusahaan. Hal ini juga mengurangi biaya yang dikeluarkan tidak perlu.
  • Peningkatan Produktivitas
    Pengguna dapat bekerja secara efisien dan efektif dari mana lokasi mereka menemukan nyaman. Hal ini pada gilirannya meningkatkan tingkat produktivitas mereka.
  • Kemudahan Penelitian
    Penelitian telah dibuat lebih mudah, karena pengguna sebelumnya diminta untuk pergi ke lapangan dan mencari fakta dan memberi makan mereka kembali ke dalam sistem. Hal ini juga membuat lebih mudah bagi petugas lapangan dan peneliti untuk mengumpulkan dan memberi makan data dari mana pun mereka berada tanpa membuat perjalanan yang tidak perlu ke dan dari kantor ke lapangan.
  • Hiburan
    Video dan audio rekaman sekarang dapat dialirkan on-the-go menggunakan komputasi mobile. Sangat mudah untuk mengakses berbagai film, materi pendidikan dan informatif. Dengan perbaikan dan ketersediaan koneksi data kecepatan tinggi dengan biaya yang cukup, seseorang mampu untuk mendapatkan semua hiburan yang mereka inginkan karena mereka browsing internet untuk data stream. Salah satunya adalah dapat menonton berita, film, dan dokumenter antara penawaran hiburan lainnya melalui internet. Ini tidak mungkin dilakukan sebelumnya komputasi mobile sadar dunia komputasi.
  • Memperlancar Proses Bisnis
    Proses bisnis sekarang mudah tersedia melalui koneksi aman. Melihat ke masalah keamanan, langkah-langkah yang memadai telah dimasukkan ke dalam tempat untuk memastikan otentikasi dan otorisasi pengguna mengakses layanan. Beberapa fungsi bisnis dapat dijalankan melalui link aman dan berbagi informasi antara mitra bisnis juga dapat terjadi. Pertemuan, seminar dan jasa informatif lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan video dan voice conferencing. waktu perjalanan dan pengeluaran juga jauh berkurang.
Aisyah Ciah. Makalah Mobile Computing, http://www.academia.edu/17287529/Makalah_mobile_computing. Diakses pada: 22 April 2017.
Sujud Teguh Kurnia Wanto. Mobile Computinghttps://id.scribd.com/doc/240684800/Mobile-Computing. Diakses pada: 22 April 2017.
W3II. Mobile Computing Tutorialhttp://www.w3ii.com/id/mobile_computing/default.html. Diakses pada: 22 April 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap gunakan kata-kata yg sopan dalam berkomentar