Minggu, 05 Oktober 2014

Internet

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

Internet sudah menjadi kebutuhan bagi kebanyakan orang di dunia. Hal ini disebabkan karena keunggulan yang ditawarkan oleh internet dapat mempermudah pekerjaan di segala bidang. Lalu, bagaimana awal mula internet hingga bisa menjadi seperti sekarang? Apa dampak dari penggunaan internet?


A. Sejarah Internet
Internet adalah jaringan komputer yang dibuat melalui proyek ARPA oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Mulanya internet disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Tujuan awal departemen pertahanan Amerika Serikat membuat proyek ini adalah untuk keperluan militer, yaitu untuk mengatasi masalah jika terjadi serangan nuklir serta untuk menghindari informasi terpusat.

ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja pada mulanya, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan University of Utah. ARPANET secara umum diperkenalkan pada Oktober 1972. Setelah itu ARPANET berkembang pesat dan semua universitas di Amerika pun ingin bergabung. Karenanya, ARPANET dibagi menjadi MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk kepentingan non-militer. Gabungan kedua jaringan dikenal dengan DARPA Internet, dan kemudian disederhanakan menjadi Internet.

B. Pengertan Internet
Internet atau interconnection network adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet protocol suit (TCP/IP). Karena saling terhubung antara jaringan komputer di seluruh dunia, internet menjadi perpustakaan yang dapat menyimpan berbagai macam jenis informasi baik dalam bentuk teks, gambar, audio, video dan lain sebagainya.

C. Perkembangan Internet
Dalam perkembangannya yang hanya terbatas di negara Amerika Serikat, sekarang Internet bisa digunakan di seluruh dunia. Sejarah internet Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.

Karena digunakan untuk berkomunikasi, maka muncul lah media sosial yang berguna untuk memudahkan kita berkomunikasi dengan orang-orang dari belahan dunia lain. Menurut Kaplan & Heinlein (2010) bahwa media sosial terdiri dari :
  1. Collaborative project : Suatu media social yang dapat membuat sebuah konten dan di dalam pembuatannya dapat di akses oleh seluruh khalayak secara global, contohnya : Wiki, dan aplikasi bookmark social.
  2. Blogs and Microblogs : Suatu website yang menyampaikan mengenai opini, pengalaman, atau kegiatan sehari – hari, dimana aplikasi ini dapat membantu penggunanya untuk tetap posting mengenai pernyataan apapun
  3. Content Communities : Sebuah aplikasi yang bertujuan untuk saling berbagi dengan orang lain, baik dengan jarak jauh maupun dekat (berbagi gambar, video, eboook, dan lain – lain)
  4. Social Networing Sites : Sebuah situs yang membantu seseorang untuk membuat sebuah profile dan dapat menghubungkannya dengan pengguna lain (Instagram, Path, Facebook, Twitter, dan lain – lain)
  5. Virtual Games : Permainan dunia virtual, dimana mereplikasikan lingkungan 3D, dan user bisa muncul dengan avatar – avatar yang diinginkannya.
  6. Virtual Social : Merupakan sebuah aplikasi yang mensimulaskan kehidupan melalui internet, situs ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan menggunakan sebuah avatar yang mirip kehidupannya.
D. Dampak Positif dan Negatif Internet
  • Dampak positif dari penggunaan internet:
    1. Memudahkan kita dalam mencari informasi dengan cepat.
    2. Dapat berkomunikasi dengan orang dari belahan dunia yang jauh dengan mudah, cepat dan murah.
    3. Membantu dalam proses marketing karena jangkauannya yang luas.
    4. Mempermudah proses perbankan, pembayaran listrik, air, tiket dan lain sebagainya.
  • Dampak negatif dari penggunaan internet:
    1. Mengandung konten pornografi.
    2. Bahaya cybercrime seperti penipuan, pencurian dan peretasan sebuah situs.
    3. Membuat kecanduan bagi gamers.
    4. Membuat orang menjadi individualisme, karena terlalu senang hidup di dunia maya sehingga menjadikannya enggan berkomunikasi secara langsung di dunia nyata.
Itulah sedikit informasi yang dapat saya berikan, semoga dengan informasi tersebut kita dapat memaksimalkan penggunaan internet dan menjauhkannya dari penyalahgunaan internet.

Wassalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap gunakan kata-kata yg sopan dalam berkomentar